View Article

Bagaimanakah Mengatasi Pengaruh Hormon Terhadap Wanita?

Disadari atau tidak, hormon memang mempengaruhi Anda, terlebih wanita. Seperti juga Anda ketahui di dalam pria dan wanita, terdapat hormon androgen yaitu hormone yang terdapat di dalam diri pria dan wanita. Hormon-hormon ini berpengaruh sangat besar terhadap perubahan kulit, wajah, bahkan seluruh tubuh kita. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimanakah cara menghadapinya? Don’t worry, ladies, baca artikel ini, and you’ll find the answer.

  1. Jerawat

Ingatkah Anda saat remaja, kita mulai memiliki jerawat? Penyebab jerawat adalah androgen, sebuah hormon yang dimiliki pria dan wanita. Hormon ini menyebabkan peningkatan produksi minyak pada wajah kita. Nah saat usia wanita memasuki 30-40 tahun, biasanya wanita mengalami jerawat walaupun tidak pernah mengalaminya saat remaja. Hal ini disebabkan oleh kadar estrogen, hormon wanita, menurun lebih cepat dan terkikis oleh hormon testosteron, salah satu jenis hormon androgen. Hormon testosterone meningkatkan kadar minyak saat kita memasuki usia tersebut sehingga menyebabkan jerawat. Nah, berbarengan dengan hal tersebut, usia kita yang semakin bertambah juga membuat kulit kering dan keriput. Oleh karena itu, saat Anda mengalami jerawat di usia paruh baya, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan wajah yang mencegah keduanya. Bisa juga perawatan tradisional yang lebih aman.

  1. Melasma

Setiap wanita mencintai kehamilan. Namun tak dapat dipungkiri juga saat hamil, ada sebuah hormon yaitu hormone estrogen yang merangsang kulit  wanita mengalami flek hitam di wajah. Biasanya di sekitar pipi, dahi, dan juga hidung. Hal ini juga sering terjadi saat Anda memasuki usia paruh baya. Hal ini disebabkan bisa karena hormon, atau karena Anda pernah mengkonsumsi pil KB. Untuk mencegah terjadinya hal ini, pastikan Anda memakai sunscreen mulai dari sekarang, sunblock, atau produk apapun yang melindungi Anda dari sinar matahari. Kemudian jangan lupakan air putih, buah dan sayur untuk perlindungan dari dalam.

  1. Kulit Kering

Kulit kering sering dilanda wanita menjelang menopause. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar hormon estrogen yang berarti juga menurunkan kadar asam hialuronik atau hialuronat. Kadar asam ini bisa menurun secara drastis yang dapat menyebabkan kondisi kulit mengering drastis pula. Untuk mencegahnya, produk-produk dengan kandungan asam hialuronik seperti serum hialuronik akan membantu Anda mencegah kekeringan drastis pada kulit.

Sebenarnya, hal-hal di atas tidak dapat dihindari seiring usia kita bertambah. Suatu hari, sebagai wanita kita akan mengalami penurunan produksi hormon, menopause, dan lain-lain. Namun dengan mencegahnya dari sekarang, tentu saja dapat mengurangi resiko drastis yang kita terima. Take Care Ladies! (ich)

BACA JUGA: Pikiran Sehat, Hidup Lebih Sehat

About the Author

Beautiplan

Voila! This is Beautiplan Admin. Check out Beautiplan for beauty tips, tricks and secrets! view profile

Comments

  1. Susi Melanie October 22, 2013 03:31 am

    Thanks yh, infonya bermanfaat banget <3

  2. Cheryl Blass December 2, 2013 12:33 pm

    thanks infonya :)