View Article

Kiat-kiat Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa memiliki jenis kulit yang berminyak itu akan terlihat awet muda. Padahal jenis kulit ini rentan dengan timbulnya beberapa masalah seperti timbulnya komedo dan jerawat.

Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat semakin banyak produk-produk kecantikan dan perawatan kulit mulai untuk membuat produk yang khusus diperuntukkan untuk Anda yang memiliki jenis kulit yang berminyak. Sebelumnya ada perlu mengetahui terlebih dahulu karakteristik kulit berminyak, yaitu:

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kulit Berminyak ?

Penyebab utama yang membuat kulit Anda berminyak adalah peningkatan produksi pada kelenjar sebaceous dalam memproduksi minyak atau sebum. Produksi minyak atau sebum yang berlebih ini dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit wajah Anda karena debu/kotoran yang menempel pada kulit dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Mitos tentang makanan yang berlemak seperti coklat akan membuat kulit berminyak sebetulnya sampai sekarang belum ada penelitian yang menyatakan demikian. Justru hormon dan faktor genetiklah yang berperan penting dalam mengatur produksi minyak.

Berhati-hati jika Anda terlalu berlebihan dalam merawat kulit wajah Anda, karena hal itu dapat mengganggu keseimbangan asam basa yang berakibat semakin meningkatnya produksi kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak atau sebum.

Apakah Kulit Anda Tergolong Jenis Kulit Yang Berminyak ?

Anda pasti sudah sangat paham dengan ciri-ciri kulit yang berminyak seperti  kulit yang terlihat mengkilat, dan berminyak. Karakteristik lain kulit yang berminyak adalah pori-pori wajah yang besar seperti kulit jeruk. Pori-pori yang besar ini sering mengakibatkan munculnya komedo dan bintik hitam pada permukaan kulit wajah Anda. Jika minyak yang menempel pada kulit tidak segera dibersihkan, maka minyak akan teroksidasi oleh udara sehingga akan menimbulkan warna kehitaman pada komedo yang muncul di permukaan kulit wajah Anda. Namun, kabar baiknya dengan memiliki kulit yang berminyak ini adalah kulit jadi tidak mudah keriput.

Banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan produk untuk kulit berminyak. Tetapi Anda tetap harus mengetahui bagaimana cara memilih dan memutuskan produk kecantikan mana yang sesuai dengan jenis kulit Anda yang berminyak. Berikut penjelasannya:

1.Pembersih Untuk Kulit Berminyak

Untuk jenis kulit yang berminyak, gunakan produk untuk membersihkan wajah Anda yang tidak mengandung sodium lauryl sulphate yangmana akan membuat kelenjar sebaceous semakin meningkatkan produksi minyak atau sebum. Alternatif caranya adalah gunakan pembersih yang ringan dengan kandungan rose geranium, benzoin, dan chamomile. Dan juga Anda tidak perlu ragu-ragu untuk menggunakan toner tetapi jauhi toner seperti astringent karena dapat meningkatkan produksi minyak yang berlebih.

2.Pelembab Untuk Kulit Berminyak

Terkadang kulit berminyak juga bisa menjadi kering karena perubahan cuaca, sehingga Anda tetap membutuhkan pelembab. Guanakan pelembab yang tidak mengandung minyak atau oil free moisturiser. Serta gunakan pelembab yang mengandung tea tree, lavender, peppermint, lemon, dan rosemary untuk membantu menyeimbangkan produksi minyak.  

3.Foundation Untuk Kulit Berminyak

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak namun kulit wajah Anda bersih, sebetulnya Anda tidak memerlukan foundation. Anda cukup menggunakan bedak tabur untuk membuat wajah Anda terlihat matte. Namun, jika Anda memerlukan foundation untuk menutupi noda pada wajah Anda sebaiknya pilih foundation yang tidak mengandung minyak atau oil free. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mineral powder foundation yang mampu menyerap kelebihan minyak yang ada pada permukaan kulit Anda dan akan membuat wajah Anda terlihat matte.

4.T-Zone

Umumnya bagi Anda yang memiliki jenis kulit yang berminyak ini memiliki daerah T-zone yaitu daerah pada permukaan kulit wajah Anda yang memproduksi minyak berlebih meliputi dahi, hidung, dan dagu. Jika Anda memiliki kulit berminyak dengan T-zone, maka kulit Anda merupakan jenis kulit kombinasi. Jenis kulit kombinasi atau combination skin ini memerlukan dua jenis pelembab. Gunakan pelembab yang berguna untuk mengatur keseimbangan sebum atau minyak seperti tea tree oil yang diperuntukkan untuk daerah T-zone yang berminyak.

Selain itu, juga gunakan pelembab yang diperuntukkan untuk daerah sekitar leher dan pipi yang kering yaitu dengan memililih pelembab yang khusus untuk kulit kering. Jangan lupa untuk menggunakan face paper untuk menyerap kelebihan minyak yang ada pada permukaan kulit wajah Anda.

Pastikan bahwa produk yang Anda gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Semoga kiat-kiat di atas dapat membantu Anda memilih produk kecantikan yang sesuai. Semoga Berhasil!(dim)

About the Author

Beautiplan

Voila! This is Beautiplan Admin. Check out Beautiplan for beauty tips, tricks and secrets! view profile

Comments

  1. Mimik Ridhaningsih September 28, 2013 02:34 am

    thanks to the information....

  2. Nur Khasanah September 28, 2013 07:52 am

    thank you so much....

  3. Stella Jessica Ray Radja September 30, 2013 08:08 am

    tks a lot