View Article

Tip Perawatan Untuk Kulit Kombinasi (Oily & Dry)

Metode perawatan untuk kulit berminyak (oily) pasti akan berbeda dengan jenis kulit yang kering. Merawat kulit yang berminyak ataupun kering saja sudah susah apalagi jika harus merawat kombinasi/gabungan dari kedua jenis kulit tersebut. Nah Beauty Lovers, apakah kulit Anda tergolong dalam jenis kulit kombinasi? Yuk, simak tip-tip berikut ini.

Kulit kombinasi memiliki dua karateristik yaitu kulit berminyak dan kulit kering. Kulit berminyak memiliki ciri-ciri seperti pori-pori yang besar, produksi minyak berlebih sehingga membuat kulit terlihat shiny, dan berjerawat pada T-zone (bagian dahi, hidung, dan dagu). Sedangkan kulit kering dicirikan seperti kulit yang mudah mengelupas, kemerahan, mudah gatal pada area pipi. Lalu, bagaimana cara mengatasi produksi minyak pada t-zone dan melembabkan pada area yang kering di pipi Anda? Simak tip-tip untuk menyeimbangkan kulit kombinasi sebagai berikut:

  1. Saat membersihkan wajah, gunakan mild, gel/foaming cleanser dengan air hangat suam-suam kuku.
  2. Gunakan exfoliant dengan kandungan salicylic acid pada T-zone untuk membantu mengecilkan pori-pori.
  3. Untuk membantu mengurangi kelebihan minyak, gunakan masker pada T-zone sebanyak 2-3x setiap bulan.
  4. Setelah membersihkan wajah Anda, biarkan area T-zone benar-benar kering sebelum Anda menambahkan pelembab atau krim pada area tersebut.
  5. Oleskan pelembab pada area kulit yang kering dan area sekitar mata Anda. Jika T-zone terasa kering, beri pelembab oil free yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid.
  6. Jangan lupa untuk selalu menggunakan produk-produk perawatan kulit yang fragrance free, oil free, serta produk-produk yang tidak membuat kulit jadi iritasi.
  7. Sangat penting untuk selalu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Gunakan sunscreen yang bebas minyak dengan SPF 15 atau lebih.
  8. Jaga agar kulit Anda tidak terlihat terlalu berminyak tanpa harus selalu mencuci muka berulang-ulang kali. Terlalu sering mencuci muka dapat memperparah produksi sebum. Anda bisa menggunakan face paper untuk membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.
  9. Jika Anda memiliki jerawat yang makin lama makin meradang, segera konsultasikan ke dokter kulit agar jerawat tidak semakin meradang.

Merawat kulit kombinasi memang membutuhkan usaha ekstra, mungkin Anda perlu mencoba beberapa kali percobaan untuk menentukan produk mana yang paling sesuai untuk jenis kulit kombinasi. Semoga berhasil! (dim) 

BACA JUGA: Kiat-Kiat Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak

About the Author

Beautiplan

Voila! This is Beautiplan Admin. Check out Beautiplan for beauty tips, tricks and secrets! view profile

Comments

  1. Scarlett Lady August 3, 2013 05:51 pm

    tes

  2. Scarlett Lady August 3, 2013 06:35 pm

    wow